Bukan Ruud Gullit, Ini Tahith Chong Pemain Masa Depan MU

Mulai musim depan, fans Manchester United bakal sering melihat penampakan Ruud Gullit. Tapi bukan Gullit beneran, melainkan pemain asal Belanda Tahit Chong.

Nama Chong menjadi buah bibir setelah tampil impresif saat MU menghadapi Club America pada laga persahabatan kemarin. Main selama 30 menit, ia terlihat menonjol sebagai pemain sayap.

Puncaknya adalah ketika Chong memberikan umpan tarik yang dimanfaatkan oleh Juan Mata untuk menjadi gol penyama kedudukan. Tak cuma soal performanya, Chong menarik perhatian karena gaya rambut gondrong keriting mirip Gullit yang sama-sama berasal dari Belanda.

Lalu siapa sebenarnya Chong? Kenapa dia tiba-tiba ada di skuat utama MU pada laga pramusim tersebut?

Pemain 18 tahun itu direkrut dari Feyeenord pada 2016 dan langsung menjadi bagian tim U-18 MU yang dipimpin Kieran McKenna. Sempat mengalami cedera parah dan absen 10 bulan, kiprah pemain kelahiran 4 Desember 1999 ini terus menanjak.

Chong adalah pemain kidal yang bisa biasa bermain di sayap kiri. Tapi, pada debutnya di MU U-23 ia dijadikan sayap kanan. Terlepas dari itu, pergerakan sang pemain terbilang apik dalam penyerangan dan cukup fleksibel.

Performa apik Chong membuatnya menjadi pemain terbaik MU U-23 pada akhir musim lalu mengalahkan Lee O’Connor dan James Garner.

Menurut Manchester Evening News, Jose Mourinho sudah mengonfirmasi bahwa Chong akan berlatih bersama tim utama pada musim depan. Ia sepertinya akan menjadi opsi sayap MU yang terbilang tak cukup dalam.

Seperti diketahui, MU tak memiliki sayap murni musim lalu. Hanya Alexis Sanchez yang terbilang terbiasa main di sana, sementara Marcus Rashford dan Anthony Martial sejatinya adalah striker, sedangkan Juan Mata merupakan playmaker.

Sayap murni MU malah berubah posisi dan jadi andalan di pos full-back yakni Ashley Young dan Antonio Valencia. Tak ayal, Chong bisa menjadi opsi menarik di posisi tersebut.

“Menjadi mimpi untuk semua orang di ruang ganti bermain bersama tim utama. Tapi, kami masih fokus dan bekerja keras untuk berada di sana. Tapi ya, ini mimpi,” ujar Chong.

Mourinho pun memberikan pujian kepada Chong setelah laga MU melawan Club America. Menurutnya Chong adalah opsi yang baik walau belum bisa dibilang sempurna.

“Aksinya saat melakukan umpan tarik sebelum gol sangat cantik. Dia sangat antusias dan punya kepercayaan diri dalam bermain. Jelas dia punya keterbatasan terkait fisik, dia kerap terjatuh saat disenggol lawan dan kalah saat kontak badan. Tapi, kualitasnya terlihat ketika dia bisa menggerakkan bola dan menyerang lawan satu lawan satu. Dia adalah pemain yang bagus,” tutur Mourinho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Powered by Live Score & Live Score App